Resensi

Judul : Berkarier di Dunia Broadcast Televisi dan Radio
Penulis : Indah Rahmawati dan Dodoy Rusnandi
Penerbit : Laskar Askara
Isi : 190 Halaman
Terbit : November 2011
ISBN : 978-602-91575-8-3

Pesatnya perkembangan industri media yang didukung oleh kemajuan teknologi, dewasa ini menempatkan media massa elektronik pada posisi yang sangat strategis untuk berbagai tujuan. Selain menjadi sumber informasi, industri penyiaran pun menawarkan beragam sajian hiburan yang menarik. Bahkan industri penyiaran saat ini telah dijadikan kiblat trend dan menjadi lifestyle.

Perkembangan yang luar biasa dari dunia penyiaran, baik radio maupun televisi, telah memberikan banyak peluang kerja yang menarik bagi para pelaku yang terlibat di dalamnya. Sehingga tidak heran bila banyak orang yang tertarik untuk berkarier di dunia broadcast ini. Siapapun bisa menjadi Broadcaster. Asalkan ada kemauan yang kuat untuk terus menerus meningkatkan kemampuan diri serta menimba ilmu dari mana saja dan dari siapa saja.

Hal inilah yang membuat Indah Rahmawati yang merupakan alumni dari Universitas Pendidikan Indonesia, yang sekarang berprofesi sebagai seorang penyiar radio di sebuah radio swasta bersegmen wanita dewasa, yaitu SKY 9050 FM Bandung dan Dodoy Rusnandi yang memulai studinya di Universitas Padjadjaran dengan mengambil jurusan Ilmu Komunikasi pada tahun 2002, yang sempat berkarier sebagai jurnalis di sebuah televisi lokal di Bandung, dan di sebuah radio K-Lite 107.1 FM Bandung, terpanggil untuk menerbitkan buku berjudul Berkarier di Dunia Broadcast Televisi dan Radio.

Buku ini mengupas seluk beluk dunia broadcasting secara keseluruhan yang menggambarkan proses siaran serta mekanisme pembuatan produk media elektronik baik di radio maupun televisi. Lengkap dengan berbagai panduan teknis yang aplikatif serta berbagai tips bagi siapa saja yang tertarik untuk menekuni dunia penyiaran atau broadcasting.

Selama ini yang banyak orang tahu mengenai karier di dunia televisi adalah presenter, news-caster, aktris ataupun aktor. Seringkali orang merupakan bahwa mereka hanyalah salah satu bagian kecil dari dunia televisi secara keseluruhan, sementara di belakangnya ada ratusan komponen lainnya yang juga memainkan peran sangat penting, dari mulai pembuatan konsep, proses produksi, sampai pada penayangan dan pada akhirnya pengevaluasian atau follow up dari apa yang sudah ditayangkan. Dalam buku karyanya Indah Rahmawati dan Dodoy Rusnandi disebutkan, ada berbagai macam divisi yang bisa dijadikan sebagai sarana pekerjaan.

Begitupun dengan radio, hingga saat ini bisnis radio masih dianggap prospektif dan menjanjikan. Oleh karena itu, bisnis di industri media massa masih menjajikan mengingat media massa adalah sumber informasi bagi masyarakat.

Buku ini terdiri dari 3 bab, penjelasan serius namun ringan ini, berhasil dengan jelas menjabarkan dan mengemukakan berbagai macam karier atau peluang kerja yang ada di dunia broadcast. Selain itu, buku ini juga memberikan konsep umum terlebih dahulu, sebelum memaparkan kepada hal yang lebih rinci. Hal ini sangat membantu, utamanya untuk seseorang yang masih awam akan materi tersebut.
Sebagai buku panduan bagi broadcaster, buku ini menawarkan suguhan yang berbeda dengan gaya bahasa ringan dan santai, tetapi tidak meninggalkan esensi dari penyampaiannya. Akan tetapi, buku ini juga memiliki kekurangan di samping kelebihannya.

Kekurangan yang utama adalah kurangnya pembahasan yang mendalam mengenai tata cara berkarier di dunia broadcast. Untuk itu pembaca disarankan untuk menggunakan buku referensi lain untuk lebih mendalamiya.

Buku ini ditujukan untuk pemula yang ingin berkarier di dunia broadcast atau kepada siapa saja yang berminat untuk menekuni dunia penyiaran. Gaya bahasanya yang ringan serta menarik, memudahkan pembacanya untuk cepat memahami apa yang terkandung dalam buku ini.

Judul : 5 Hari Mahir Bikin Film
Penulis : Panca Javandalasta
Penerbit : Mumtaz Media
Isi : 112 Halaman
Terbit : Agustus 2011
ISBN : 978-602-98463-4-8

Setiap orang pasti pernah menonton film. Baik kaum tua, muda, remaja, ataupun anak-anak, termasuk anda. Pernahkah anda berfikir untuk membuat dan menonton film buatan anda sendiri? Ternyata mitos bahwa membuat film itu susah, sehingga diperlukan sekolah khusus di sebuah institusi perfilman sepertinya sudah tak berlaku lagi.
Mungkin bagi seseorang yang mempunyai dana lebih, kesempatan untuk belajar film di lembaga perfilman menjadi mungkin, namun bagi banyak orang, itu terasa berat dalam hal biaya dan waktu.

Hal inilah yang membuat Panca Javandalasta, seorang sineas muda dengan segudang prestasi. Serta pernah meraih beberapa penghargaan film baik tingkat nasional maupun internasional. Tergugah untuk menulis buku berjudul 5 Hari Mahir Bikin Film. Buku ini hadir untuk menjadi alternatif solusi belajar membuat film dengan sederhana dan mudah, serta tak banyak memakan biaya dan waktu lama. Hanya dengan lima hari anda akan mahir membuat film anda sendiri.

Saat ini media film sedang berkembang sangat pesat. Dalam rentang beberapa tahun ini banyak bermunculan sutradara atau sineas muda baru yag turut mewarnai industry perfilma tanah air. Semakin banyak sineas baru yang muncul semakin banyak pula film baru yang muncul dengan cerita yang beragam.

Mulai saat ini jangan hanya bermimpi, cobalah untuk berkarya. Mulailah dari durasi yang pendek sebelum ke durasi yang panjang. Ketika membuat film terkadang film yang kita buat tidak langsung bagus, jangan pernah merasa cepat puas. Inti dari membuat film sebenarnya adalah praktek. Semakin kita banyak melakukan praktek di lapangan, maka niscaya kualitas film yang kita buat semakin lama semakin bagus.

Buku terbitan MUMTAZ Media ini memberikan tahapan-tahapan mudah membuat film sendiri hanya dalam waktu lima hari. Di dalam buku ini membahas berbagai hal dan tahapan-tahapan pembuatan film, mulai dari pengenalan seputar film, pra produksi, penyusunan crew, penjadwalan, membuat skenario atau storyboard, proses membakar ide, format skenario, produksi, fungsi elemen-elemen perfilman, editing video, hingga serba-serbi film dalam kancah festival.

Buku ini bagus untuk dijadikan referensi bagi yang ingin membuat film, dengan bahasanya yang sederhana dan penjelasan yang terperinci mampu membuat kita dengan cepat memahaminya. Kekurangan buku ini adalah terletak pada kualitas kertas yang digunakan berkualitas rendah sehingga membuat buku ini tidak begitu menarik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s