Jenis dan Karakteristik Penelitian

Jenis dan Karakteristik Penelitian

A. Penelitian Deskriptif (Descriptive Research)

Penelitian deskriptif adalah penelitian yang diarahkan untuk memberikan gejala-gejala, fakta-fakta atau kejadian-kejadian secara sistematis dan akurat, mengenai sifat-sifat populasi atau daerah tertentu. Dalam penelitian deskriptif cenderung tidak perlu mencari atau menerangkan saling hubungan dan menguji hipotesis.
Ada beberapa jenis penelitian yang termasuk penelitian deskriptif, antara lain sebagai berikut, penelitian survei (penelitian pemairan), penelitian kasus, penelitian perkembangan, penelitian tindak lanjut, penelitian analisis dokumen, studi waktu dan gerak, studi kecenderungan.

B. Penelitian Sejarah

Penelitian sejarah menurut Yatim Riyanto, penelitian ini merupakan Expost facto research yang dinaungi oleh penelitian kualitatif. Dalam penelitian sejarah tidak terdapat manipulasi atau kontrol terhadap variabel, sebagaimana dalam penelitian eksperimen.
Penelitian sejarah adalah penelitian yang secara eksklusif memfokuskan pada masa lalu. Penelitian ini mencoba merekonstruksikan apa yang terjadi pada masa yang lalu selengkap dan seakurat mungkin, dan biasanya menjelaskan mengapa hal itu terjadi. Dalam mencari data dilakukan secara sistematis agar mampu menggambarkan, menjelaskan, dan memahami kegiatan atau peristiwa yang terjadi beberapa waktu yang lalu.

Langkah-langkah dalam penelitian sejarah:
• Merusmuskan masalah
• Menemukan sumber informasi sejarah yang relevan
• Meringkas informasi yang diperoleh dari sumber historis
• Mengevaluasi sumber sejarah
• Hipotesis dan generalisasi dalam penelitian sejarah
• Penulisan laporan penelitian sejarah

C. Penelitian Korelasional

Menurut Yatim Riyanto, penelitian korelasional adalah penelitian yang akan melihat hubungan antara variabel atau beberapa variabel dengan variabel lain. Variabel yang digunala untuk memprediks disebut variabel prediktor atau variabel independen (bebas), sedangkan variabel yang diprediksi disebut variabel kriterium atau variabel kriteria biasanya dapat disebut variabel dependen (terikat).

D. Penelitian Kausal Komparatif

Penelitian kausal komparatif merupakan penelitian yang diarahkan untuk menyelidiki hubungan sebab-akibat berdasarkan pengamatan terhadap akibat yang terjadi dan mencari faktor yang menjadi penyebab melalui data yang dikumpulkan.
Dalam pendekatan ini pendekatan dasarnya adalah memulai dengan adanya perbedaan dua kelompok, kemudian mencari faktor yang mungkin menjadi penyebab atau akibat dari perbedaan tersebut. Dalam hal ini ada unsur membandingkan antara dua atau lebih variabel. Ciri pokok dari penelitian ini adalah bahwa penelitian komparatif adalah penelitian expost facto, dimana peneliti dalam membandingkan dan mencari sebab-akibat dari variabelnya tidak dapat melakukan treatment. Penelitian ini cenderung mengandalkan data kuantitatif.

E. Penelitian Eksperimen

Menurut Yatim Riyanto, penelitian eksperimen merupakan penelitian yang sistematis, logis, dan teliti di dalam melakukan kontrol terhadap kondisi. Dalam melakukan eksperimen peneliti memanipulasikan suatu stimulant, treatment atau kondisi-kondisi eksperimental, kemudian mengobservasi pengaruh yang diakibatkan oleh adanya perlakuan atau manipulasi tersebut.
Dalam penelitian eksperimen, kontrol yang cermat terhadap kemungkinan masuknya pengaruh faktor lain sangat diperlukan, agar mendapatkan faktor-faktor yang benar-benar murni dari faktor yang dimanipulasi tadi.

F. Penelitian Tindakan (Action Research)

Penelitian tindakan menurut Kemmis adalah penelitian tindakan merupakan upaya mengujicobakan ide-ide ke dalam praktik untuk memperbaiki atau mengubah sesuatu agar memperoleh dampak nyata dari situasi. Selanjutnya Kemmis dan Taggart, menyatakan bahwa penelitian tindakan adalah suatu bentuk penelitian reflektif diri yang secara kolektif dilakukan peneliti dalam situasi sosial untuk meningkatkan penalaran, keadilan praktik pendidikan dan sosial mereka, serta pemahaman mereka mengenai praktik ini dan terhadap situasi tempat dilakukan praktik-praktik tersebut.
Penelitian tindakan merupakan intervensi skala kecil terhadap tindakan di dunia nyata dan pemeriksaan cermat terhadap pengaruh intervensi tersebut (Cohen dan Mantion). Sementara itu menurut Elliot, penelitian tindakan merupakan kajian tentang situasi sosial dengan maksud untuk meningkatkan kualitas kegiatan yang ada didalamnya. Seluruh prosesnya yang meliputi telaah, diagnosis, perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan dampak, serta menjalin hubungan yang diperlukan antara evaluasi diri dan perkembangan professional.

G. Penelitian Grounded

Penelitian grounded yang ditokohi Glaser dan Strauss pada tahun 1967 di Amerika Serikat dan diperkenalkan di Indonesia oleh Schiegel, merupakan jenis penelitian yang tidak bertolak dari teori, tetapi berangkat dari data-data faktual lapangan. Data-data tersebut diproses menjadi teori berdasarkan metode berfikir deduktif.
Penelitian grounded berangkat dari dunia empiris, bukan dari hal yang konseptual dan abstrak, karena penelitian grounded menekankan pada lahirmya teori berdasarkan data empiris dan realitas sosial.

Tahap-tahap Penelitian

Suatu penelitian, apapun format penelitian yang digunakan, tentunya akan berlangsung dari tahap ke tahap. Adapun tahap-tahap yang lazimnya dilalui pada setiap penelitian ialah:

1. Pemilihan dan analis masalah penelitian.
2. Penentuan strategi pemecahan masalah, atau penentuan metodologi       penelitian yang akan digunakan.
3. Pengumpulan data.
4. Pengolahan analisis, dan interpretasi data.
5. Penyusunan laporan laporan penelitian.

Referensi:
Zuriah, Nurul. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Faisal, Sanapiah. 2010. Format-Format Penelitian sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s