Jurnalistik Media Online

Jurnalistik Media Online

Sejak dunia internet berkembang dengan sangat pesat dan canggih, jurnalistik lewat dunia maya pun berkembang. Kita menyebutnya jurnalisme media online. Di Amerika dan Eropa, jurnalisme ini telah menjadi pesaing yang sangat ketat bagi jurnalistik media cetak, khususnya Koran dan majalah. Jurnalistik media online memiliki sejumlah keunggulan dibanding jurnalistik media cetak.

Pertama, berita-berita yang disampaikan jauh lebih cepat, bahkan setiap beberapa menit dapat di-up date. Peristiwa-peristiwa besar yang baru saja terjadi sudah dapat diketahui dengan membaca berita di media online, masyarakat tidak perlu menunggu esok hari. Faktor kecepatan inilah yang tidak diperoleh lewat media cetak dan membuat media online sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin mengetahui perkembangan dunia setiap saat.

Kedua, untuk mengakses berita-berita yang disajikan, tidak hanya dapat dilakukan lewat komputer atau laptop yang dipasang internet, tetapi lewat HP pun bisa sehingga sangat mudah dan praktis. Ketiga, pembaca media online dapat memberikan tanggapan atau komentar secara langsung terhadap berita-berita yang disukai atau tidak disukainya dengan mengetik pada kolom komentar yang telah disediakan. pembaca tidak perlu menulis surat pembaca yang pemuatannya bisa membutuhkan waktu beberapa hari.

Di Indonesia, perkembangan jurnalistik media online dapat dilihat dari bermunculannya situs-situs berita, seperti detik.com, okezone.com,inilah.com, vivanews.com, dan kapanlagi.com. bahkan Koran-koran seperti Kompas, Media Indonesia, Republika, Koran Tempo, Rakyat Merdeka, juga memperkuat berita cetaknya dengan versi online. Maka itu, jika media online dikelola dengan sangat baik dan professional, boleh jadi akan menyaingi, bahkan menggusur media cetak seperti Koran atau tabloid yang digarap ‘asal-asalan’.

Sekalipun kehadirannya belum terlalu lama, media online sebagai salah satu jenis media massa yang tergolong memiliki pertumbuhan yang spektakuler. Bahkan saat ini hampir sebagian besar masyarakat menggemari media online. Sekalipun internet tidak sepenuhnya dimanfaatkan untuk media massa, tetapi keberadaan media online saat ini sudah diperhitungkan banyak orang sebagai alternatif dalam memperoleh akses informasi dan berita. Keunggulan media online adalah informasi bersifat up to date, real time, dan praktis. Up to date karena media online dapat melakukan upgrade suatu informasi atau berita dari waktu ke waktu. hal ini terjadi karena media online memiliki proses penyajian yang sederhana. Real time, karena media online dapat langsung menyajikan informasi dan berita saat peristiwa berlangsung. Wartawan media online juga dapat mengirimkan informasi langsung ke meja redaksi dari lokasi peristiwa, setiap saat dan setiap waktu untuk meng-update informasi. Praktis, karena media online dapat diakses dimana dan kapan saja, sejauh didukung oleh fasilitas teknologi internet.

Media online kini menjadi alternatif media yang paling mudah dalam mendapat akses informasi atau berita. Tidak sedikit wartawan yang mencari berita dari internet. Media online kini menjadi sarana yang paling efektif untuk menerbitkan siaran pers (press release) bagi pengirim berita, baik individu maupun institusi. Media online juga memiliki keunggulan-keunggulan lain seperti, adanya fasilitas hyperlink dapat dengan mudah menghubungkan dari situs satu ke situs lainnya sehingga pengguna dapat mencari atau memperoleh informasi lainnya. Dari sini pula, media online hadir dan makin meluas pengaruhnya. Bahkan kini hampir semua media cetak dan media elektronik pun memiliki media online sebagai penunjang dan basis dokumentasi penyajian informasi dan berita yang dilakukannya. Setiap berita yang disajikan di media cetak atau media elektronik, kini dapat diakses melalui media online atau website masing-masing media tersebut.

Media online makin dipilih dan digemari oleh kalangan jurnalistik dan masyarakat karena tidak hanya dapat mencari dan memperoleh informasi semata, tetapi juga dapat melakukan korespondensi atau komunikas tertulis dengan narasumber. Melalui fasilitas e-mail (surat elektronik), wartawan dapat melakukan wawancara secara tertulis kepada narasumber berita. Dalam aktivitas jurnalistik, wawancara melalui e-mail saat ini memiliki efektivitas dan efisiensi yang tinggi.

Satu catatan dari media online bahwa pemanfaatan media berbasis teknologi internet akan semakin berkembang pesat di masa yang akan datang. Internet terbukti telah mampu menjadi sarana komunikasi yang paling mudah dan praktis. Oleh karena itu, media massa perlu lebih jeli menyikapi keberadaan media online untuk tetap mempertahankan eksistensinya di mata publik. Setiap wartawan saat ini dituntut harus memiliki pengetahuan dan keterampila teknologi komputer yang lebih memadai. Tak hanya untuk memperoleh informasi dan berita, internet pun dapat menjadi sarana untuk mendokumentasi tulisan atau artikel sebagai bahan kepustakaan, di samping kapasitas akses informasinya yang mampu menjangkau jutaan pembaca di seluruh dunia.

2 thoughts on “Jurnalistik Media Online

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s